Selasa, 23 September 2014

Digital Journalism

Berikut kelompok kami melakukan analisis pada dua berita pada media online dalam maksud untuk melaksanakan tugas mata kuliah Media Convergence pertemuan ketiga.





1. Konteks apa yang ditawarkan? 

Konteks dari berita tersebut adalah berupa news, dimana dikabarkan ada seorang supir Bus Primajasa bernama Dedih, dirampok oleh segerombolan perampok yang berpura-pura menjadi supir dan penumpang angkot. Dedih menceritakan bahwa sebelum dirampok, ia dipukuli terlebih dahulu kemudian semua barangnya diambil tanpa sehelai benang baju pun ditinggalkan.

2. Apakah judul dan isi relevan?

Menurut kami, judul dan isi relevan. Karena judul tersebut merupakan inti dari berita yang dijelaskan dalam artikel tersebut. 

3. Apakah berita tersebut dalam atau tidak? Mengapa?

Menurut kami, berita dalam artikel tersebut cukup mendalam namun kurang lengkap dalam menjelaskan tindak lanjut dari kejadian tersebut. Sebelihnya berita tersebut cukup jelas dalam merincikan proses kejadian.

4. Apa manfaat untuk pembaca?

Maanfaat untuk pembaca adalah agar para pembaca bisa lebih waspada dalam perjalanan. Khususnya para pengguna transportasi umum yang sehari - hari menaiki angkot dan pengguna pun biaa lebih sigap bila terjadi hal semacam itu.


1. Konteks apa yang ditawarkan? 

Konteks berita tersebut hanyalah sebuah hiburan atau soft news. Karena tidak ada info penting atau value yang bisa diambil dari berita tersebut. 

2. Apakah judul dan isi relevan?

Terlihat dari artikel tersebut bahwa tidak ada keterkaitan atau tidak relevan antara judul dan berita. Judul artikel tersebut hanyalah sebuah rincian dari kejadian yang ada, malah kalimat yang dituliskan bersifat ambigu atau dapat disalah artikan.

3. Apakah berita tersebut dalam atau tidak? 

Berita tersebut tidaklah mendalam karena yang dijelaskan hanyalah report biasa apa yang terlihat tapi tidak menceritakan kejadian lengkap sebelum dan sesudah hal itu terjadi.

4. Apa manfaat untuk pembaca? 

Tidak ada manfaat yang berarti untuk pembaca, hanya untuk hiburan atau sekedar melepas penat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar